Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Instalasi dan konfigurasi Jaringan

A. Switch Manageable

Switch ada yang manangeable da unmanageabel. switch jenis manangeable jauh lebih smart bila dibandingkan dengan unmanangeable. Arti dari manangeable adalah bahwa switch dapat kita konfigurasi denagan kebutuhan network agar lebih efesien dan maksimal.

Beberapa kemampuan switch manangeable yang dapat kita rasakan adalah penyempitan broadcast jaringan dengan VLAN (Virtual LAN), sehingga aksess dapat lebih cepat. penganturan akses user dengan accesslist membuat keamanan network lebih terjamin. Beberapa contoh switch manangeable adalah D-link, Cisco, 3Com, dan Compex.

Sebelumnya kita bernaggapan bahwa fungsi switch hanya untuk menyambungkan antar komputer , tidak ada pungsi yang lainnya, anggapan itu harus mulai di singkirkan. jika jaringan komputer sudah besar, host yang banyak, dan integrasi peralatan yang sudah banyak juga, akan di perlukan adanya managemen jaringan yan baik, dan salah satunya terletak pada level switching.

Salah satu produsen prangkat jaringan model switch yang sering di pakai adalah Cisco. pada jaringan besar, mereka ini sering sekali di gunakan.oleh karena itu untuk menjadi teknisi jaringan yang andal, kita juga harus bisa menguasai konfigurasi perangkat ini, walaupun sekedar standar konfigurasi secara umum. pada bagian ini akan di uraikan tentang cara mengkonfigurasi Cisco switch tipe 2950 ke dalam suatu jarinagn LAN, yang dapat di gunakan di kantor, kampus, atau Bank.